Rabu, 21 Maret 2012

              Bahan – Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kehidupan Sehari – Hari

 

Bahan – Bahan Kimia Berbahaya merupakan kumpulan zat yang dapat membahayakan tubuh serta kesehatan kita. Jika kita perduli dengan kesehatan diri kita sendiri, maka sebaiknya berhati – hati dalam dalam memilih kebutuhan hidup kita, baik itu makanan, minuman, atau hal – hal lain yang memang menjadi kebutuhan kita.
Seringkali kita tidak menyadari bahwa barang / benda yang menjadi kebutuhan sehari – hari kita menjadi bumerang bagi kita sendiri. Hal ini terjadi karena kita tidak selektif dalam memilihnya, sehingga tanpa disadari pada barang / benda tersebut terdapat bahan – bahan kimia berbahaya yang sangat merugikan kesehatan kita.

Jenis – Jenis Bahan Kimia Berbahaya

Bahan – bahan kimia berbahaya tidak hanya terdapat pada makanan, tetapi barang / pakaian yang sering kita gunakan pun terdapat zat – zat kimia yang berbahaya. Berikut beberapa jenis bahan kimia yang terdapat di kehidupan kita sehari – hari.

Bahan Kimia Berbahaya Dalam Makanaan

1. Sakarin ( Saccharin )
Sakarin sering dikatakan sebagai bahan pengganti gula. Bentuknya seperti bubuk putih tidak berbau dan sangat manis. Zat kimia yang satu ini, seringkali digunakan sebagai pengganti gula karena memiliki tingkat kemanisan 550 kali lebih dari gula biasa. Efek samping dari bahan kimia ini yaitu dapat menyebabkan kanker kandung kemih ( mukosa ).
2. Siklamat ( Cyclamate )
Zat kimia yang satu ini juga sering dijumpai pada makanan serta minuman. Sama seperti sakarin, siklamat juga merupakan bahan pengganti gula. Namun memiliki kadar yang rendah di banding sakarin. Kira – kira 30 kali lebih manis dari gula biasa. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan zat kimia yang berlebihan ini pecahnya sel kromosom dalam medium biakan leukosit.
3. Nitrosamin
Nitrosamin memiliki bentuk seperti garam. Warnanya agak sedikit kekuning – kuningan. Bahan kimia ini biasanya sering digunakan untuk menciptakan aroma khas suatu makanan. Efek samping yang ditimbulkan dapat menggangu metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, serta mengubah susunan DNA di dalam tubuh.
4. Boraks
Bahan kimia berbahaya ini rasanya sering kita dengar. Boraks merupakan bahan kimia berbahaya yang sering digunakan dalam makanan karena dapat menimbulkan efek yang bagus pada tekstur makanan. Padahal aslinya boraks ini merupakan bahan pembersih dan pengawet kayu. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan bahan kimia ini adalah kematian, koma, kerusakan ginjal, dll.

sumber : bahan-bahan-kimia-berbahaya-dalam.html

 

1 komentar:

  1. Makasih atas informasinya. Sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan.
    Mohon kunjungi juga web kami di http://mediak3.com/contoh-bahan-kimia-berbahaya-dan-beracun/

    BalasHapus